Berbagi Pengalaman Ketika Aku Joinan Tes D3 ITS-PLN



Oy...sebelumya si Une minta maaf dulu, fotonya dibuat kayak hantu biar gak ada pemalsuan identitas, penghubungan alamat, walaupun aku pun udah daftar ulang...oh ya, yang paling khawatir adalah penyantetan fotoku karena saking ngefansnya...eh....nggak dring...haha!! tuh foto nyebelin banget karena yang semula nggak gemuk-gemuk amat jadi kelihatan berisi perutnya....apa emang saat itu aku kurus trus pake kemeja yang kedodoran ya?? Oh ,..mungkin tuh lipatan baju ya???


Anu, disini aku mau cerita tahap per tahap yang mungkin bisa bantu temen-temen yang pengen ikutan tes ini...nggak tau tahun depan ada lagi apa nggak...




TAHAP PERTAMA (Babak penyisihan) : Tes Akademik

Meliputi : Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris.
Itu pas seminggu pasca bimbel. Malesnya pas ketemu Matematika, aku kan emang nggak seberapa suka ama Matematika. Tuh gue nekatin berbekal bab Matematika yang udah diberi trik-triknya di bimbel. Soalnya 40 an aku isi Cuma separuh, udah gitu kalo salah minus 4.
Fisika, nggak seberapa kuatir karena emang papi maharaja fisika. Tapi aku nya goblok fisika sih...hehe.. saat itu emang kerja sama ama PLN, jadi aku berpikir soal fisikanya yang keluar 50 persen listrik, ya udah, rangkaian, hambatan shunt, generator, dan apalah tetek bengek yang berhubungan ama kelistrikan aku pelajari sampe ‘ngeh’. Nggak tahunya seluruh bab dikeluarin, mekanika, optik....hancurlah ragaku. Aku ya sempet nangismilkysmile juga karena ada soal mekanika yang semaleman kubaca rumus saktinya trus lupa. Ajaibnya...kok ya tiba-tiba ingat !! soalnya sedikit lebih sulit dari UNAS (kan untuk program D3 gituu..), jadi temen-temen yang jujur saat UNAS, pasti bisa!!!
Trus kalo bahasa inggrisnya, perbanyaklah dzikir grammar dan bacaan, aku isi semua, tapi ngawur...haha!!milkysmile
Saat itu emang yakinnya nggak lolos, tapi pas pengumuman, lolos juga ya...padahal diisi Cuma 50 dari 100 soal dan banyak ngawurnya (dapet mukjizat kalee...). dan aku bersiap ikutan tahap perempat final (kayak PD aja...) yaitu PSIKOTEST.
Saranku untuk tahap ini, Cuma belajar, berdoa, dan harus dapet restu orang sekampung, tiap tahap ada tahap gugur lho!!! Jadi setiap tahap selalu ada yang tereliminasi. Tapi jangan takut, kalo temen2 niat ya insyaallah bisa dan lolos kok....milkysmile



TAHAP KEDUA (Perempat Final) : PSIKOTEST

Tahap yang membutuhkan ketenangan raga, tapi pas ragaku terganggu saat itu, aku sakit panas,pilek, dan batuk. Ampuuun......aku Cuma nunggu sang Dewa Fortuna yang super duper cakep aja. Hari itu Cuma berbekal hal hal yang kupelajari di buku psikotest semalem.milkysmile
Pas psikotest, yang diujikan ya numerik, verbal, mnemonic (tes daya ingat), ntar dikasih beberapa kata suruh ngapalin dan entar suruh ngisi apa kategorinya.... Pauli tes, (ngitung angka buanyaakkk....) itu untuk mengukur semangat kita dalam mengerjakan suatu pekerjaan, trus suruh nglanjutin gambar, untuk ngukur kreativitas kita. Katanye...kalo kita memulai dari kotak yang gambar awal tidak ada lengkungannya (persegi, garis, dll) berarti kitorang termasuk maskulin dan sebaliknya. Dan juga kalo nggambar gambarnya nggak boleh tipis ato putus-putus, karena menggambarkan kepribadian kita. Trus suruh nggambar orang dan pohon, halah, yang pinter gambar ya nggak masalah....
Saranku....TENANGKAN PIKIRANMU !!! nggak perlu belajar, dan nggak ada bener salahnya.



TAHAP KETIGA (Semifinal) : Medical Test

Nggak nyangka kalo banyak gugurnya disini, peserta langsung berkurang lebih dari 50%. Seluruh tubuh diperiksa, dari atas sampe bawah. Huuuh,,,,pokoknya nggak bisa diungkapin deh!!! Aku aja puasa jajan seminggu!!
Saranku bagi yang pengin ikut ya banyak minum air putih dari sekarang, minimal 1,5 L perhari, nggak usah makan makanan bergula (dikurangi maksudnya),berkolesterol, berlemak. Setiap hari usahain makan sayur ato makan yang berserat, aku dulu sih setiap hari minum jus wortel-tomat tanpa gula untuk penyerapan racun.
Bagi yang berkacamata nggak usah takut, karena aku ya berkacamata. Yang terpenting kacamatanya harus update, alias sesuai dengan minusnya. Kalo minus 0,25 pake aja kacamatanya!!! Ato mata udah-3,00, kacamata masih -2,00. Jangan mentang2 masih jelas, nggak dipake ato nggak kir ulang. Ngeliat ototip snellen nggak jelas  kalo -0,25!!! Bisa pengaruh dan ngurangin point lho!! Jadi mentang-mentang khawatir keliatan cupu pake kacamata, rela nanggalin kacamatanya, takut nggak lolos kalo pake kacamata...Jangan disepelein deh urusan mata !!!
Kalo misalnya lolos ya syukur, tapi ya dipertahanin terus pola makannya....karena suatu saat ada tes lagi gimana???milkysmile.Gawat kan???



TAHAP TERAKHIR (Final) : Interview

Oh yesss...Jumat jam 4-an sore aku dapet sms yang mengabarkan bahwa aku lolos medical tes. Syukurlah....milkysmile
Kalo interview tuh nggak seberapa serem ya, karena nggak ada ilmunya. Yang ditanyain sekitar dirimu, lingkunganmu, cara menghadapi masalah, bakat...etcetera...
Saranku sih, pokoknya jangan lebay, ceritakan sesuai dirimu. Suaranya lantang tegas tapi merendah, pake bahasa Indonesia yang benar, sopan, jangan menyela, jangan bo’ong ntar kejebak.
Semoga aja lolos....amieen....



The Last : The Winner, is ME !!!milkysmile

Nggak Cuma aku aja yang jadi winner, banyak juga yang jadi winner!!! Sekitar 40-an deh yang keterima. Huuaahhh.....!!! leganya!! Setelah melalui beberapa tahap yang bikin sport jantung akhirnya aku jadi ambil program ini, rugi banget kalo nggak diambil! Dan juga harus rela melepas kepergian SNMPTN kalo misalnya lolos. Akhirnya dapet juga kuliah....dapet juga temen baru....dan nunggu akhir Juli untuk ikutan Psikotest lagi....



Yang kurang mengenakkan adalah pengumuman per tahap harus liat internet setiap hari,(karena pengumumannya nggak ada kepastian) nunggu aja sampe stres. Tapi ada yang lewat SMS. Maklum lah angkatan pertama. Tapi aq ya kurang tau tes-tes ini samper(sama persis) ama STT-PLN nggak??

Oy, kalo udah keterima enak lho...karena ini ikatan dinas gitu...jadi setelah kuliah dan diklat pra-jabatan ya langsung kerja gitu....ditempatin di seluruh Indonesia (kayak STAN gitu).



*mohon maaf tulisannya alay (masih ababil pas keluar SMA, hahaha) yang penting bermanfaat kan :P




Unesia Drajadispa

29 comments:

Kukuh Susanto said...

makasih artikelnya bermanfaat minta doanya mau ikut tes itu aku :D

Tania Bonita said...

:D wah prjuangan kak.. kak masi ada soal2 D3 g? trus msal kalo uda tnggal interview itu uda pasti lolos ?

Unesia Drajadispa said...

kukuh : iya sama-sama. tak doain deh :)

tania : wah, soalnya pas itu dibalikin. kalo interview ga tentu lolos juga..

Hawwin said...
This comment has been removed by the author.
Hawwin said...

kak mau tanya, kalo mata saya minus 2,5 bisa daftar gak?

Unesia Drajadispa said...

hawwin : Iya bisa kok, kalo ga salah max minus 4. Temenku ada tuh yang udah keterima, tapi minusnya nambah jadi minus 4,5 , dianya langsung ikutan operasi lasik , hehhehe

Haris Inmas Ryandi said...

medical test itu disuruh ngapain? kok harus makan makanan berserat & minum air?

Unesia Drajadispa said...

ya kurang lebih kayak militer gitu, hehe

fiqry said...

good info must read thus thanks mbakyu

Unesia Drajadispa said...

Good luck :D

Unknown said...

mbak, boleh minta soal tesnya gk?? kirim lewat e-mail septianaf439@gmail.com

Unknown said...

mbak boleh minta soal D-III ITS PLN??? e-mail dong septianaf439@gmail.com

Unesia Drajadispa said...

Soalnya pas itu gak dikasih,...
kalo psikotesnya mirip dengan soal2 yang ada di internet kok...

Dian Prima N. said...

mau tanya, tempat tes buat tes tahap selanjutnya tahu darimana? ini saya mau tahap psikotes tapi belum tahu tempat tes nya. makasih

Unesia Drajadispa said...

Aku dulu rajin rajin cek situs PLN jatim dan ITS, kalau pengumuman sudah keluar, biasanya dalam format PDf. Dibawahnya ada keterangan tempat. Good luck :)

nino w said...

Kak, aku mau tanya kalo kesehatan 1 itu biasanya yg di cek apa aja? Mskpn diatas dijelasin, tp blm dijelasin kesehatan 1 kak. Bagi tips biar kesehatan 1 nya lolos dong kak.

Rizaldi Febri said...

Kak soal D3 ITS yg reguler sama kyk tes snmptn ga kak? Klo tahu tlg ksh infonya :) makasih

Unesia Drajadispa said...

Nino : Hai nino, biar lolos tes kesehatan, coba tips yang aku posting di blog. Yang dites itu mulai dari fisik, (telinga, ecg, mata, kesimbangan, dll)

RIzaldi : Hai Rizaldi, tesnya beda.
DIlaksanakan setelah SNMPTN dan biasanya soalnya lebih mudah

dhanz said...

Salam kenal

Unesia Drajadispa said...

dhanz : oke, salam kenal juga :D

Unesia Drajadispa said...

dhanz : oke, salam kenal juga :D

Unknown said...

Kak boleh tau apa yg dtnyakan d tes wawancara? Mohon bantuan nya y kak.. terima kasih.

Unesia Drajadispa said...

hei agung,
yang ditanyakan adalah keprbadian, kebiasaan dan kehidupan kamu sehari hari :D

Unknown said...

Kak boleh tau pertanyaan nya? Soalnya saya juga mau tes wawancara kak.. ini gmail saya agung.konoha@gmail.com

Vika Rida said...

mba aku mau D3 its taun ini, tp kok di blog its gaada tes psikotes dll hanya tes mat fis b ing saja. pengumuman langsung selang 3 hari. dan gaada kerja sama PLN . beda ya mba? apa sama? makasiii

Unknown said...

Kak apakah D3 ITS REGULER yang tidak bekerja sama. Apakah di pemeriksaan kesehatan tes inggris dan TPA ada proses gugur?

Unknown said...

Kak apakah D3 ITS REGULER yang tidak bekerja sama. Apakah di pemeriksaan kesehatan tes inggris dan TPA ada proses gugur?

Unknown said...

Kak apakah D3 ITS REGULER yang tidak bekerja sama. Apakah di pemeriksaan kesehatan tes inggris dan TPA ada proses gugur?

Unknown said...

Kak apakah D3 ITS REGULER yang tidak bekerja sama. Apakah di pemeriksaan kesehatan tes inggris dan TPA ada proses gugur?