Sensasi Berenang Menghadap Selat Makassar di Hotel Mesra, Sangkulirang

Saturday, September 24, 2016

Apakah anda berpikir kalau foto-foto berikut adalah di Bali? Maka anda salah besar.
Panorama seaview seperti itu memang sudah lazim ditemui di berbagai hotel di Bali, maka kali ini anda akan menemuinya di Sangkulirang, salah satu kecamatan tertua di Kutai Timur, propinsi Kalimantan Timur.
Oh ya, mungkin jika anda adalah orang pertama yang mendengar kata Sangkulirang, pasti sering misspelling dengan Sangkuriang (dongeng tentang menendang perahu). Dan itu jelas tak ada hubungannya sama sekali, hehe. Oh ya, letak Sangkulirang ditunjukkan di Google Maps Dibawah ini :
Sangkulirang
Dalam hitungan waktu normal berkendara, jarak dari Bontang ke Sangkulirang sekitar 4-5 jam dan tak ada pesawat perintis atau ATR yang membawa dari Balikpapan. Jadi bisa dipastikan pantat bakal panas menempuh waktu sekitar 10-11 jam menuju Sangkulirang dari Balikpapan. Bisa juga alternatif dari Bandara Kalimarau di Berau, estimasi waktu sekitar 8 jam.

Sejak tahun 2015, tempat ini jadi hits di kalangan muda-mudi Sangkulirang dan kantorku karena Sangkulirang masuk dalam wilayah kerja Area Bontang. Tapi masih belum hits di Instagram loh ya sampai saat ini, haha :P
Peacefully seaview
Blue Hour
Kebetulan 14 September saya ada dinas ke Kantor Pelayanan (KP) Sangkulirang, jadi sekalianlah kita mampir kesana. Tarif renangnya limapuluh ribu perorang dengan bonus menghadap langsung selat Makassar. Untuk tarif menginap, room rates dan review-nya bisa dicek di traveloka atau agoda. Waktu saya kesana sih saat senja mulai menampakkan dirinya, jadi cukup ramai dan airnya keruh. Tatanan hotelnya juga menarik, lumayan lah hiburan bagi masyarakat yang jauh dari perkotaan, hehe. Kecamatan Sangkulirang tak hanya memiliki hotel Mesra untuk foto-foto, tapi juga ada Pulau Birah-Birahan yang ditempuh sekitar 1 jam dari Bual-Bual. Menurut kawan, soft dan hard coralnya masih cukup bagus, serta ada juga karst Sangkulirang-Mangkalihat yang mulai hits di media untuk penetapan sebagai cagar alam, ah sayang kami tak sempat kesana, hahaha. Jauh dan waktu juga terbatas.
Mesra Resto
Ngayal wedding disini...tapi...ah sudahlah >.<
Resto pun menghadap laut !
Sweet
Dengan dibangunnya Hotel Mesra Sangkulirang Bay oleh pengusaha sekaligus pemilik Mesra di Samarinda yang ternyata asli Sangkulirang untuk mengembangkan daerah asalnya, aku yakin beberapa tahun kedepan Sangkulirang akan menjadi kota yang ramai. Apalagi akan dibangunnya Gardu Induk di Maloy untuk meningkatkan kehandalan dan suplai daya listrik. Maloy juga akan ada pelabuhan tempat bersandarnya kapal-kapal yang membawa saudagar kaya-raya dari penjuru negeri. 
Semoga bukan hanya tulisan di blog...kadang daerah yang jauh dari pusat kota di Kalimantan tak sesuram sesuai sangkaan kebanyakan orang ya ?

Berikut penampakan saat di kolam :
Bolehlah gayanya kayak anak muda, padahal sudah pada tua

Gambar diambil dengan :
- Sony XPeria Z5 Compact (no editing)
- Samsung Galaxy S7 (no editing)

You Might Also Like

0 comments

Subscribe