Offroad Inventarisasi Bumi Etam Punya Cerita

Saturday, December 06, 2014

Sebenarnya sih, aku merengek setengah mati gara-gara ingin ikut inventarisasi ke unit-unit kerja Area Bontang. Menjelajah ke pelosok Kutai Timur yang penuh dengan kejutan. Perjalanan panjang, berliku, memusingkan, dan penuh tantangan itu membuat tim inventarisasi yang terpilih sebenarnya cowok semua. Aku ikut aja sebagai stuntman gara-gara temenku berhalangan ikut.
Kaget aja kalau ada cewek yang merengek-rengek minta ikut kayak aku. Yah, aku emang berjiwa petualang sih. Kita memulai semuanya dari tanggal 23 Nopember 2014.
Tujuan  kami adalah :

 1. Karangan Dalam
Karst, hutan tropis, dan hutan sawit membentang sepanjang perjalanan menuju Karangan Dalam dan Pengadan. Yang paling memukau ya karst. Apalagi aku pernah baca-baca kalau di kawasan Kutai Timur, Bengalon itu banyak terdapat bentangan karst keren dan gua-gua prehistoris dibawahnya, mirip kayak karst di film Kera Sakti. Anggap saja jalan-jalan biar nggak stress. Hehe. 
Karst ala Kera Sakti :D
PLTD di Karangan Dalam
Jujur sih, perjalanan menuju Karangan Dalam banyak mengeluh juga. Jauh, berbatu, dan tergoncang kesana-sini. Heran juga di 'dalem' gitu masih ada penduduk, gimana dulu mereka mencapai tempat itu?

2. Pengadan
Keseruan terjadi disini. Tim inventarisasi sempat bermalam disini. Hawanya sejuk, dan diapit kebun-kebun sawit. Kalau pagi kabut sutra ungu turun menyelimuti desa.

Manjat Storage Tank : sounding BBM
Dan disini juga kami mengalami insiden selip di tanah liat yang dikelilingi kebun sawit selama dua jam. Bertemu mobil double gardan abal-abal, hingga insiden kabel listrik yang putus digunakan untuk menarik mobil yang selip. Seru dan cukup tegang saja, hahaha.
Kesalahan besar menuju ke tempat seperti itu dengan mobil Avanza. Nggak mempan bung !
Cukup seram insiden ini :D
 
3. Sangkulirang
Sangkulirang adalah kecamatan tertua di Kutai Timur. Terpisah dari pulau Borneo, tapi udah dihubungkan dengan jembatan. Aku sempat dua kali mimpi ke tempat ini gara-gara mimpi Karst...karst...karst...yang tersebut di Sangkulirang. Haha. Sekali search Sangkulirang di Google eh yang keluar malah karst. Tapi sampai sana aku tak menemukan semuanya -_-
Kantor Pelayanan Sangkulirang
Jembatan Sangkulirang
4. Muara Wahau dan Sepaso, tak sempat terdokumentasikan -_-
 Tampaknya sudah mulai jenuh dan lelah, hahaha~

Sampai jumpa di jelajah alam Borneo berikutnya !

You Might Also Like

0 comments

Subscribe