Situs Pengasingan Bung Karno #Ende #Flores

Wednesday, February 19, 2014

Sepulang dari Kelimutu, kami pada teler kelaparan, tapi Om Aaron menawarkan untuk berkunjung ke situs Bung Karno. Setelah makan siang di warung Abah Turi, kami langsung menuju ke situs pengasingan Bung Karno di Ende. Berjarak sekitar 1 km dari pusat kota, dan bayarnya GRATIS.

Didepan Rumah Bung Karno
Menurut penjaga situs, tempat ini keramat, kalau orang yang memiliki kemampuan sixth sense, maka dia dapat ‘melihat’ Bung Karno. Wah, aku cukup punya fifth sense aja.
Batu yang lucu
Suasana di situs sepi, dan pekarangannya dipenuhi oleh batu bulat  pipih, warna putih dan biru. Lucu banget :3
Disana terdapat barang-barang peninggalan Bung Karno, seperti setrika arang, piring, tempat tidur, akta cerai, ceret minum, dan yang paling menyita perhatianku adalah “Biola peninggalan Bung Karno”. Biolanya udah rapuh termakan waktu, tapi aku bangga juga, aku juga bisa biola lo, seperti orang-orang hebat di Indonesia, Bung Karno, dan WR Soepratman.
Biola Peninggalan Bung Karno
Setelah puas, Om Aaron yang baik hati mengantarkan kami ke taman Bung Karno. Seperti biasalah, kami foto disana dan melihat pohon sukun lima cabang, yang katanya melambangkan Pancasila. Disinilah tempat Bung Karno merenungkan Pancasila.
Pohon Sukun 5 Cabang
Foto didepan patung Bung Karno

Sudah menunjukkan pukul 13.00. Kami bergegas sholat di masjid terbesar di Ende, beli oleh-oleh dan menuju Bandara Aroeboesman. Labuan Bajo, kami kembali !
Aku dan Garuda Explore

Selamat Datang di Dunia Komodo ! Yeah !
Mengunjungi Kota Ende :
1. Naik pesawat menuju ke Kupang (KOE - El Tari)
2. Dari Kupang naik pesawat baling-baling  ke Ende (ENE - Bandara H.H Aroeboesman) 
3. Cari penginapan, dan rental mobil seharian. Harga tawar menawar ya :)

You Might Also Like

2 comments

Subscribe