Tips Menjaga Kesehatan Selama Diklat Prajabatan

Saturday, October 26, 2013

Haii...ketemu lagi. Saat ini aku sedang mengikuti Diklat Prajab PLN angkatan 37 di Pusdiklat PLN Ragunan, acara Pengenalan Perusahaan. Wow, bener-bener long way to go, mulai dari Samapta sampai hari ini. Kangen emak? Bapak? pasti, resiko untuk sebuah cita-cita bukan? Hehe.
Karena jauh dari emak, atau fisik yang terlalu diperas, atau syok, kurang makan, cuaca yang nggak cocok, jadi temanku banyak yang sakit flu, batuk, demam, infeksi saluran pencernaan bahkan asma. Hampir satu angkatan. Jadinya klinik pun tak pernah sepi. Sakitnya pun berkelanjutan, satu sembuh, nular lagi, jadi nggak ada ujungnya. Batuknya cukup ekstrim pula frekuensinya. Aku pun cukup khawatir, bagaimana kalau aku tertular? Aku kalau batuk pilek itu sampe 3 minggu. Ngeri. Apalagi ini jauh dari orang tua, kegiatan penuh, sayang sekali kalau sakit. Emakku mewanti-wanti agar jaga kesehatan saja.
tapi entahlah, Allah sayang sekali kepadaku. Allah memberikan tameng yang superkuat kepadaku. Aku nggak tahu terbuat dari apa. Yang jelas dari awal titik perjalanan (Batujajar) hingga sekarang aku belum sakit sama sekali. alhamdulillah. Lecet pun tidak, paling cuma mules mual aja. Mau tahu tips biar nggak sakit? Simak aja bung :

1. Makan yang banyak, jangan takut gendut. Makanan selama diklat bergizi dan bernutrisi tinggi. Ada buah, sayur dan daging. Jangan lupa beli susu sendiri ya. Jangan makan dikit, karena energi kita bakal dikuras disini. Jadi nggak bakalan gendut. Makannya pun selalu teratur 3 kali sehari.
2. Buah dan susu  tiap hari (Aku mengkonsumsi Bear Brand)
3. Minum madu tiap hari
4. Habbatus sauda sehari 2 butir
5. Olahraga dong :P
6. Selalu berpikiran positif dan gembira dalam setiap kegiatan.
7. Jangan ngeluh ! (Ini sulit banget karena sering dongkol)
8. Selalu...selalu menikmati dalam setiap kegiatan. Insyaallah everything will be ok !
9. Oh ya...minum air putih yang banyak, jangan takut pipis berkali-kali. Wong pipis itu gratis kok! Kecuali WC umum sih hahaha :P
10. Kurangi, eh kalau bisa jangan makan makanan atau snack yang mengandung Mononatrium Glutamat atau MSG dan juga yang mengandung sodium. Nggak baik, nggak sehat dan menyebabkan batuk !

You Might Also Like

0 comments

Subscribe