House of Sampoerna !

Monday, July 08, 2013

Hai Minggu pagi yang cerah ! ^_^
Jalan-jalan ke House of Sampoerna adalah pilihan yang asyik, aku memilih kesana sambil ngajak temenku yang ingin tahu HOS ini kayak gimana.
Awalnya aku nggak tahu, HOS itu dimana? Dulu saat magang di rayon Indrapura pernah sih lewat sana, tapi lupa. Maka, tanpa mengandalkan Global Positioning System, aku langsung mengira-ngira kalau mau menuju HOS itu  lewat penjara Kalisosok. Hmm...yeah. Ternyata bener juga. Sebelum jembatan merah, ada jalan kecil, belok kiri, ikuti jalan, lalu ketemu deh House Of Sampoerna.
Lagi-lagi ini bangunan lawas. Bangunan yang khas jaman jahiliyah, eh penjajahan ding.  Disana masih ada pabrik pembuatan rokok, tapi kalau hari Minggu tidak beroperasi. Masuknya? Gratiis !
Lagi-lagi aku tahu House Of Sampoerna ini dari buku Soerabaia Tempoe Doloe karya Pak Dukut, top !
Desain  dan Interior Klasik
Untuk masuk kedalam museum kita harus melewati  4 pilar berupa rokok raksasa. Di dalam museum, bau tembakau langsung menyeruak. Barang-barang yang dipamerkan ya sekitar rokok, mulai jenis-jenis tembakau dari Madura, Jember, kotak korek api ket jaman nggak enak,  pemantik rokok, kursi jaman dulu, dokar, warung kelontong dari bambu hingga masa kini.
Dalam museum

Lantai dua museum, terdapat souvenir HOS, tapi kita tidak diijinkan untuk mengambil gambar disana. Dari atas sini juga terlihat pabrik rokok sampoerna. Selain museum, ada juga art gallery dan cafe. Kalau yang di art gallery hanya lukisan-lukisan yang terbuat dari cangkang telur. Satu yang paling kusuka dari HOS : bangunannya klasik bangeett....serasa di Negeri Belanda ! 

Didepan 'trem' Surabaya Heritage Track. Kapan-kapan naik yuk :D


You Might Also Like

0 comments

Subscribe