Kunjungan Industri Bersama Kakak-kakak angkatan 2009

Monday, April 16, 2012


Kakak-kakak angkatan 2009? maksudnyaa?
ya iya dong, aku kan dari angkatan 2010. Jarang sekali bisa jalan bareng, kunjungan ke industri naik bis AC kayak gitu lho...ahahaha :D
Pas awal-awal masuk, kami semua langsung disuguhin produk-produk dari teh botol sosro, kayak tebs atau teh botol sosro sendiri. Gratis dan silakan minum sampai mendem tuan-tuan. !
Awal masuk di ruang auditorium, lihat-lihat galeri, dan foto-foto. Sial nih, kami hanya boleh foto-foto di auditorium, sayangnya waktunya hanya sebentar saja...jadi foto-fotonya sumpah cuma dikit, padahal itu tujuan utamanya nih :D
Di dalam ruang produksi mah kagak boleh futu-futu, padahal kata-kata yang paling kubenci adalah : DILARANG MEMOTRET
Setelah liat-liat sekilas, kami langsung digiring bak kambing ke suatu aula untuk diputerin video tentang sosro. Lalu dibagiin topi pabrik untuk mencegah rambut, kutu, bahkan ketombe dari kepalamu mengotori produk :)
Sebelum itu, aku kan ke toilet dulu, apes nih, aku malah terkunci dalam toilet!! tapi syukurlah ada mbak-mbak yang bertubuh binaragawan yang sukses mendobraknya :D ahahaha :D
Cerita yang lebih resmi, (buat laporan pertanggungjawaban) bisa dibaca lebih jelasnya :

" Hari Kamis, 25 Maret 2012, angkatan 2009 dan beberapa anak dari angkatan 2010 mengikuti ELCO ke pabrik PT Sinar Sosro, Mojokerto dengan didampingi oleh dosen TKK, Bapak Djoko. Berangkat dari kampus sekitar pukul dua belas, dan sampai di lokasi sekitar pkul dua.

Setelah tiba di pabrik PT Sinar Sosro Mojokerto. Seluruh peserta langsung menuju ruang auditorium untuk melihat galeri dan mendapatkan satu botol teh gratis. Lalu makan bersama-sama, dan lagi-lagi minumnya teh botol sosro.

Setelah makan, semua peserta sholat. Dan menuju sebuah aula untuk diberi pengarahan dan perkenalan sekilas tentang perusahaan selama sekitar satu jam. Satu jam telah berlalu, peserta tampaknya sudah nggak sabar ingin masuk pabrik dan melihat prosesnya secara langsung. Tetapi sebelumnya, seluruh peserta harus diberi topi untuk mencegah rambut atau kotoran mengotori produk. Apabila itu terjadi, maka akan terjadi penurunan kualitas yang akan mengecewakan konsumen.

Didalam pabrik, suhunya sangat panas, dikarenakan diatas kita terdapat pipa uap. Selain itu suaranya sangat bising ! Yang sangat disayangkan adalah dilarang memotret, padahal sayang sekali, prosesnya itu sangat menarik dan sayang sekali untuk tidak diabadikan.

Tiga pucuk daun teh teratas direbus bersama gula refinasi dengan suhu tinggi, lalu di masukkan kedalam setiap botol, semua proses dilakukan dengan kontroller. Apabila ada volume yang kurang, maka akan diulangi kembali. Setiap jam, dapat menghasilkan kurang lebih empat puluh ribu botol.

Tetapi sebelumnya, botol harus dibersihkan dulu dengan cairan kimia untuk menghilangkan kotoran. Apabila masih ada kotoran tersisa saat seleksi kebersihan, maka botol akan tersisih secara otomatis. Botol yang sudah steril langsung diisi oleh teh.

Setelah itu, dimasukkan dalam kerat-kerat dan dimasukkan ke dalam gudang untuk masa inkubasi selama tiga hari.

Setelah puas melihat proses, kami melihat gudang gula pabrik refinasi. Di dalam gudang hanya terdapat ratusan tumpukan gula pabrik. Dan sebelahnya terdapat gudang daun yang daunnya telah layu, dijaga dengan suhu kamar dengan tingkat humiditas yang rendah.

Yang terakhir, kami melihat IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) yang diolah menjadi air bersih, tidak mengandung zat 3B (Berwarna, Berbau, dan Beracun) untuk dikembalikan kembali ke lingkungan agar tidak mengganggu keseimbangan alam.

Setelah melihat keseluruhan proses, kami kembali ke auditorium untuk sesi tanya jawab. Semua semakin yakin bahwa dengan proses yang seketat itu, teh botol sosro steril dan aman untuk diminum."

Nyampe kost jam 9 malem. KI selanjutnya pasti kan kutunggu :D

You Might Also Like

0 comments

Subscribe