Keadaan Jaringan Tegangan Menengah di Labuan Bajo

Monday, February 10, 2014


Sudah sebulan aku OJT di Rayon Labuan Bajo. Banyak pegawai yang memintaku ditempatkan disini saja, soalnya tidak ada pegawai PLN yang cewek disini. Mereka bilang kalau ada pegawai cewek, kerja bakalan  semangat, apalagi cewek masih JOMBLO dan CANTIK kayak gini. Aeeee…..joak eee…. #bohong.bhs Manggarai

Tapi apa daya, aku nggak bisa minta ditempatin disini walaupun aku betah setengah mati. Semua itu udah ada yang ngatur : Allah SWT dan PUSDIKLAT PLN. Hahahaaa.....
Karena aku OJT di Labuan Bajo dan aku sangat menikmatinya, maka aku ingin bercerita sedikit tentang keadaan jaringan disini. Berdasarkan kegiatan inspeksi jaringan dan P2TL, aku mendapatkan beberapa kejadian yang harus diperbaiki disini :
Tiang miring ampun-ampunan
Dari ilmu yang aku dapatkan selama diklt, tiang miring tidak boleh melebihi 5 derajat, tapi yang ini miringnya ampun-ampunan. Apalagi yang Gardu cantol tiang trafo pada gambar dibawah. Karena kontur tanahnya lunak atau cohesive granular, mungkin tiang jadi mudah bergeser. Itu bahaya, dan perlu segera ditindak lanjuti.
Tiup dikit udah tumbang tuh -_-
Untuk masalah meter, tim kami menemukan banyak meter prabayar dibendeng atau by pass, maksudnya adalah sambungan rumah yang masuk ke terminal tidak disambungkan ke meter, tapi langsung ke instalasi. Maka dari itu beban pembaca tidak terbaca meter. Bendeng dilakukan biasanya karena meter rusak. Nah, meter rusak itu harus segera diganti, karena banyak kWh yang hilang (maksudnya adalah energy listrik yang dipakai pelanggan tapi pelanggan nggak bayar karena tidak terbaca meter rusak) dan itu menyebabkan susut dan kerugian bagi PLN. 
Penampakan kWh bendeng, perhatikan kabel fasa dari Sambungan Rumahnya, dan ada kabel jumperan ilegal !
Untuk satu bulan ini sementara itu dulu yang aku temukan, semoga kerja kami dapat menurunkan susut distribusi Labuan Bajo !

You Might Also Like

0 comments

Subscribe