PDKB (Pemeliharaan Dalam Keadaan Bertegangan)

Friday, February 22, 2013

Ada yang tahu maksudnya PDKB itu apa ?
Mungkin bagi yang baru dengar asing sekali ya, maksudnya juga apa,
Nah ini adalah salah satu rangkaian kegiatan Kerja Praktik ku di APJ Surabaya Utara selama 2 bulan, yaitu mengikuti kegiatan PDKB. Haha..akhirnya kesampaian juga ikutan tim PDKB !
Oh iya, PDKB itu Pemeliharaan Dalam Keadaan Bertegangan, maksudnya adalah melakukan perawatan dalam jaringan Tegangan Menengah maupun Tinggi tanpa memutus aliran listrik untuk menjaga kontinuitas pelayanan. Tiap hari perwatan jaringan, kalau tiap hari putus gimana dong? Pasti setiap hari pelanggan komplain juga, nah maka dari itu diluncurkan tim PDKB yang melakukan perawatan dalam keadaan bertegangan, dan tegangannya juga bukan asal tegangan, 20 kV lho! 20000 Volt, Waduh...berarti mereka beresiko sekali ya? Tentu saja, karena di Sidoarjo sudah menelan korban, kalau nggak tewas ya cacat seumur hidup.
Tapi kata salah satu kepala regu PDKB (Mas Helmi) di SBU nggak perlu khawatir selama kita mematuhi SOP yang berlaku. Tentu saja jangan lupa berdoa !
Saat itu mereka sedang mengganti Fuse Cut Out dengan Isolator, di kawasan Akademi Angkatan Laut. Katanya untuk keamanan, beban semakin bertambah sedangkan fuse hanya bisa menanggung beban kecil, maka dari itu dilepas agar tidak trip.
Saat aku melihat mereka beraksi, kakiku gatal sekali pengen naik. Tapi kata supervisor nggak boleh, itu pekerjaan berat dan beresiko. Apalagi aku belum nikah -__-
Mereka yang menjadi tim PDKB telah menjalani diklat di Semarang, keren-keren...Sayang PDKB nggak ada yang cewek ya .. :(


Aksi keren mereka !
Sedang bersiap-siap sambil berdoa
Mereka beraksi! Ah, andai saja itu diriku...

You Might Also Like

0 comments

Subscribe