Odong-odong, hiburan rakyat

Monday, May 30, 2011


Mungkin temen-temen yang luar Jawa masih nggak tahu ya, odong-odong itu maksudnya apa?http://www.smileycodes.info
Odong-odong itu mainan, ya kayak komidi putar tapi nggak muter-muter, bentuknya biasanya kuda, bebek-bebekan, kura-kura, jerapah, dll. Digerakkan oleh diesel atau manual, diiringi dengan musik anak-anak, lampu yang berkelap-kelip, biasanya keliling, kampung terutama, kampung di kota besar. Sekali naik 2000an, waktunya 5 menitan lah.http://www.smileycodes.info
Jujur, aku juga nggak tahu, kenapa kok dinamai odong-odong. Kalau menurut ilmu perplesetanku sih, odong-odong itu daun-daun. Ups, tapi itu kan godong...
Tiap malam biasanya lewat didepan rumah nenekku, maklumlah, kampung. gang kecil-kecil, banyak anak kecil lagi. Jadi aku sampai hafal lagunya odong-odong itu :
"Aku punya anak ayam, bulunya belang..." http://www.smileycodes.info
Sebenarnya bukan odong-odong aja sih yang lewat, tapi banyak juga penjual keliling dengan nada-nada yang lucu, seperti lumpia semarang, bakpau Cik Yen, penjual pecel... yang lewat siang malam.http://www.smileycodes.info Hitung-hitung hiburan, haha..
Tapi kali ini yang kubahas odong-odongnya agak canggihan, berbentuk helikopter, gede. didorong oleh becak motor, dan tenaga penggeraknya diesel.
Pas itu gambarnya berhenti pas didepan rumah nenekku. Uih...suaranya tembak-tembak'an, bising banget !http://www.smileycodes.info
Sehr angenehm, http://www.smileycodes.info

You Might Also Like

0 comments

Subscribe